Thursday, September 15, 2016

Review PES 2016

Mau review dikit ah soal PES 2016, terutama soal kekurangan nya, Secara ane nge-fans banget ama game satu ini. Jadi ane bisa ngerasain apa kurangnya yang tidak terlihat real. Kalo tentang kelebihannya sih udah gak perlu diraguin lagi.. 98% lah kita sebagai penggila bola akan dibuat seperti berada di dalam stadion/pertandingan yang lagi kita mainkan tersebut.
Beberapa minusnya PES 2016:

1. Stadium
Buat ane sebagai penggila bola yang selalu pengen seperti nyata saat main PES , tentu venue atau stadion yang digunakan juga menjadi faktor tertentu sebagai pelengkap kepuasan pribadi. Contohnya jika ane main tim Manchester United sebagai tuan rumah, ane pasti milih stadion Old Trafford sbagai venue saat itu. Juga ketika main Juventus, tentu ane milih stadion megah milik I Bianconeri tersebut yang ada di Turin. Dan juga tim2 lainnya yang udah tersedia bersama stadionnya.
Tapi, gak semua tim disertai dengan stadion masing2 sbagai home basenya. Terutama ane sangat merasa kurang puas pada kekurangan hadirnya stadion2 milik tim2 elite Inggris. Sebut saja Stamford Bridge , Anfield, atau White Hart Line. Di PES 2016 cuma ada Old Trafford, Emirates, Etihad, dan Wembley untuk stadion di Negri Elizabeth.
Sedangkan untuk tim2 Italia, hanya ada Juventus Stadium, San Siro, Giuseppe Meazza. Sedangkan Olimpico yang jadi markas nya AS Roma & Lazio tidak ada, begitu juga dengan Artemio Franchi nya Fiorentina & San Paolo Napoli.
Untuk sekedar review, kenapa markas AC Milan & FC Internazionale hadir dua2nya dalam mode pilihan stadium. Padahal kan San Siro ama Giuseppe Meazza itu sama aja stadion nya. Jadinya terasa 'mubazir' . Knapa salah satunya ngga diganti aja dengan kandang Napoli atau Lazio.
Dan untuk Bundesliga Jerman dan Liga BBVA Spanyol sih menurut ane udah cukup. Soalnya memang dari 2 Liga ini hanya ada dua atau 3 tim yang dominan dan terkenal. Baik dalam kompetisi nyata maupun dari segi komposisi squad nya.
Di Bundesliga sebut saja hanya Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund.
Sedangkan liga Spanyol menurut ane cuma 3 tim yang dominan, Real Madrid , Barcelona, dan Atletico Madrid.
Dan dari kelima tim tersebut udah dibarengi dengan home base/stadionnya masing2 di mode pilihan stadium.

2. Wasit
Di Indonesia sih kalo ngomongin soal wasit yang lagi mimpin match, udah selalu jadi bahan bully an suporter yang hadir di stadion. Kinerja wasit Indonesia emang agak 'nyeleneh'. Itu udh kita anggap biasa.
Tapi jika ngomongin tentang wasit di liga2 eropa apalagi sekelas piala dunia, rasanya kinerja mereka oke2 aja.
Dan di PES 2016 ini, menurut ane wasit nya agak 'absurd' meskipun terbilang kadang2 sih.
Contohnya pas tim ane lagi diserang tim lawan, ane kejar tutup tuh si pemain yg lagi drible bola pake tombol 'kotak' kalo di playstation. Trus tu striker jatuh cuma gara2 body-chas, peluit bunyi, dan defender ane kena kartu kuning...(absurd) ! Padahal di dunia nyata kontak-fisik begitu mah udh biasa banget. Bahkan wasit Indonesia pun ngerti hal gitu mah pelanggaran biasa doank.
Satu lagi, pas mainin liga inggris atau liga champions, wasitnya kadang2 koq negro...(rasis) !
Soalnya setau ane sih pertandingan tim2 raksasa di eropa, jarang banget ada wasitnya dari afrika. Malah ane blm pernah liat. Atau emang ane aja yang so' tau kali ya...

3. Gak Bisa Edit Wajah
Mungkin karena game PES ini memang udah ber-lisensi dari masing2 tim, jadi bentuk fisik dan style pemain udah diatur sedemikian dan ga boleh diubah. Meskipun dari raut wajah udah mirip banget, tapi tetep aja ada kurang...(namanya juga buatan manusia).
Contoh saat ane pengen nambahin bewoknya si Dani Carvajal, pas ane pilih menu edit face, eh tu wajah malah berubah jadi default-face nya made in PES . Begitu juga pas ane pengen jenggotin Cesc Fabregas, Lionel Messi dan Arbeloa yang masih pada 'polos' wajahnya . Padahal real nya mereka kan udah pada keren abis dengan jambang & bewok2nya.

Kesimpulannya , meskipun PES 2016 gak terlalu merhati'in ama detail2 kecilnya , ane tetep puas mainin PES sebagai hiburan di sela2 waktu santei

No comments:

Post a Comment